Tanda-tanda aki mobil mulai rusak
- Lampu depan rusak
- Mengklik suara saat mencoba memulai
- Engkol lambat
- Sulit untuk menghidupkan mesin
- Baterai kehilangan dayanya
- Terminal baterai terkorosi
Namun, sebelum Anda menyalahkan aki mobil Anda atas gejala-gejala ini, ada beberapa hal yang perlu Anda periksa untuk memastikan aki Anda yang salah.
Satu atau lebih dari gejala ini dapat berupa sistem atau terminal pengisian daya yang jelek, penarikan parasit, atau ground yang buruk.
Bagian berikut menjelaskan tanda-tanda paling umum dari aki mobil yang buruk, dan diagnostik yang disarankan untuk membantu Anda menemukan sumber masalahnya.
Siapkan buku manual kendaraan untuk merek dan model kendaraan Anda jika Anda perlu melepas satu atau lebih komponen atau memerlukan bantuan untuk mengidentifikasi suku cadang di kendaraan Anda.
Jika Anda belum memiliki manual ini, Anda dapat menemukan salinan yang relatif murah melalui marketplace. Buku manual mencakup prosedur langkah demi langkah, deskripsi sistem, cara mengidentifikasi dan melepas komponen, langkah pemecahan masalah untuk banyak sistem dan komponen, instruksi tentang cara melepas dan menguji banyak bagian di kendaraan Anda, jadwal perawatan, ditambah ilustrasi dan foto untuk banyak proyek dan tugas yang dapat Anda lakukan di rumah. Jadi Anda bisa mendapatkan kembali investasi kecil Anda dalam waktu singkat.
Juga, sebelum Anda menuju ke bagian gejala berikutnya, ada baiknya untuk mengetahui daya baterai Anda yang sebenarnya pada saat ini, sehingga Anda tahu langkah apa yang perlu Anda ambil selama diagnosa Anda. Bagian selanjutnya Tes Tegangan Baterai Sirkuit Terbuka akan membantu Anda dengan itu.
A. Tes Tegangan Baterai
Ini adalah prosedur sederhana untuk membantu Anda mengetahui status pengisian baterai mobil Anda. Namun, tes ini tidak memberi tahu Anda apakah baterai Anda dalam kondisi yang baik secara internal, tetapi ini adalah tes yang baik untuk memulai diagnostik Anda.
Anda memerlukan multimeter digital (DMM) untuk pengujian ini.
- Jika Anda baru saja mengemudikan kendaraan atau mengisi daya baterai, Anda harus melepaskan muatan permukaan dari baterai seperti yang dijelaskan pada langkah kedua; jika tidak, lanjutkan ke langkah 3. Muatan permukaan ini dengan cepat menghilang saat Anda mengoperasikan sirkuit listrik. Menghilangkan muatan permukaan membuat Anda memiliki muatan sebenarnya di baterai Anda.
- Untuk menghilangkan muatan permukaan, nyalakan saja high beams selama satu menit. Matikan lampu depan dan tunggu beberapa menit sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.
- Pastikan semua rangkaian listrik atau off; tutup pintu dan kendurkan bola lampu di bawah kap, jika perlu, untuk mematikannya. Mesin juga harus mati.
- Atur meteran Anda ke Volt DC dan pilih rentang otomatis, jika tersedia, atau pilih pengaturan rendah seperti 20 Volt dalam skala volt DC.
- Hubungkan kabel merah DMM Anda ke pos positif (ditandai dengan +) pada baterai Anda, dan kabel hitam DMM Anda ke pos negatif (ditandai dengan -) pada baterai Anda.
- Bandingkan pembacaan voltmeter Anda dengan tabel berikut. Jika perlu, isi daya baterai Anda secara perlahan atau periksa di toko onderdil mobil setempat.
Status pengisian baterai sekitar 70F hingga 80F (21C hingga 27C)
12,6 volt atau lebih tinggi | 100% terisi |
12.4 V | 75% |
12.2 V | 50% |
12.0 V | 25% |
11,9 V atau lebih rendah | Boleh pulang |
1. Lampu Depan Tidak Cerah
Lampu depan mobil Anda dapat memberikan indikasi kekuatan baterai Anda.
Jika Anda mengalami kesulitan menghidupkan kendaraan Anda, nyalakan lampu depan dengan mesin mati. Jika mereka memiliki cahaya yang lemah, baterai Anda mungkin kurang terisi.
Tentu saja, jika Anda melakukannya di luar di bawah sinar matahari yang cerah, Anda tidak akan melihat betapa mengkilapnya lampu depan Anda. Jika perlu, lakukan Tes Tegangan Baterai Sirkuit Terbuka yang dijelaskan di bagian sebelumnya.
Namun, jika Anda tidak memiliki DMM, Anda dapat mengoperasikan wiper atau power window untuk tujuan yang sama. Jika salah satu dari aksesori ini bekerja dengan lambat atau tidak berfungsi sama sekali, Anda mungkin memiliki baterai yang lemah, kurang daya, atau sekarat.
Diagnostik yang disarankan:
- Periksa koneksi baterai yang buruk.
- Hapus korosi dari terminal baterai, jika perlu.
- Periksa alasan mesin.
- Memecahkan masalah sistem pengisian (aus, sabuk longgar atau alternator buruk).
- Periksa koneksi yang salah di sirkuit sistem pengisian.
Salah satu dari masalah ini, serta baterai yang sudah tua, dapat mengganggu pengisian baterai yang benar, atau mencegah baterai mengirimkan daya penuh ke motor starter.
Sebagian besar toko suku cadang mobil akan menguji baterai Anda secara gratis.
Di bagian Sumber Daya di akhir posting ini, Anda akan menemukan bantuan lebih lanjut tentang tes penurunan tegangan untuk sirkuit pengisian daya dan arde engine, serta prosedur diagnostik alternator, jika perlu.
2. Anda Mendengar Klik Saat Mencoba Menyalakan Mobil
Ketika Anda mendengar serangkaian klik alih-alih raungan mesin menjadi hidup, biasanya itu merupakan indikasi baterai kurang terisi atau terlalu banyak hambatan di sirkuit antara baterai dan motor starter.
Diagnostik yang disarankan:
Pertama, konfirmasikan bahwa daya baterai Anda rendah dengan melakukan Tes Tegangan Terbuka Baterai yang dijelaskan di bagian A di atas.
Kemudian, periksa apakah terminal baterai Anda bersih dan kencang.
Jika daya baterai Anda rendah, isi ulang baterai dan pastikan sistem pengisian berfungsi dengan baik. Anda akan menemukan bantuan untuk ini di kotak Sumberdaya di akhir posting ini.
Jika perlu, uji juga penurunan tegangan rangkaian awal. Centang kotak Sumber Daya .
3. Mesin Menghidupkan Perlahan
Ini biasanya merupakan indikasi bagus lainnya bahwa baterai Anda tidak terisi penuh atau ada hambatan di sirkuit (terkorosi, terminal longgar, kabel rusak) antara baterai dan motor starter.
Diagnostik yang disarankan:
Lakukan Tes Tegangan Baterai Sirkuit Terbuka yang dijelaskan di bagian "A" di atas. Ini akan membantu Anda mengonfirmasi status pengisian baterai.
Jika baterai terisi daya, periksa untuk memastikannya beroperasi dengan benar, dan periksa terminal baterai yang bersih dan kencang.
Uji rangkaian awal untuk penurunan tegangan. Anda akan menemukan bantuan di kotak Sumberdaya di bagian bawah posting ini.
Jika perlu, periksa motor starter dan solenoid. Sebagian besar toko suku cadang mobil akan memeriksanya untuk Anda secara gratis.
4. Baterai Sering Mati
Jika aki mobil Anda sering mati, atau Anda harus sering menghidupkan mobil Anda, atau Anda mendapati diri Anda mengisi baterai setiap minggu, Anda mungkin berurusan dengan aki yang rusak atau di akhir masa pakainya.
Baterai yang berkualitas dan terpelihara dengan baik, dengan sistem pengisian daya yang berfungsi dengan baik, dan terlindung dari kondisi cuaca ekstrem, dapat bertahan hingga enam tahun tanpa masalah.
Pola kegagalan baterai seperti tanda peringatan. Setelah baterai mulai gagal, baterai mungkin tidak dapat menahan dayanya untuk waktu yang lama.
Namun, cobalah untuk menyelidiki sumber masalahnya sesegera mungkin. Coba baterainya. Mungkin di akhir layanannya langsung.
Diagnostik yang disarankan:
Kesalahannya mungkin sesuatu yang sederhana seperti terminal baterai atau kabel yang longgar atau rusak, atau penumpukan korosi.
Sebagian besar toko suku cadang mobil akan menguji baterai, alternator, dan starter Anda tanpa biaya. Manfaatkan layanan gratis ini bila diperlukan.
Jika tes baterai baik, periksa apakah ada parasit atau kesalahan dalam sistem pengisian daya. Uji sistem pengisian dan perbaiki masalahnya untuk mencegahnya merusak baterai Anda dan komponen lainnya. Lihat kotak Sumberdaya untuk bantuan lebih lanjut.
5. Air Baterai Anda Hampir Habis
Pada baterai jenis perawatan dengan tutup yang dapat dilepas, Anda dapat memeriksa level elektrolit.
Jika Anda sering perlu mengisi air di satu atau lebih sel baterai, baterai bocor, atau sistem pengisian daya baterai Anda terlalu banyak.
Jika pelat sel disulfatkan, elektrolit baterai dapat berubah menjadi gas hidrogen dan oksigen selama proses pengisian, bocor melalui casing atau menonjol keluar.
Diagnostik yang disarankan:
Anda dapat memeriksa alternator dan sirkuit menggunakan multimeter digital. Buka kotak Sumberdaya di akhir posting ini untuk bantuan lebih lanjut. Periksa pos Tes Penurunan Tegangan Sistem Pengisian . Perhatikan bahwa penurunan tegangan tinggi di sisi ground sirkuit dapat menyebabkan alternator mengisi daya baterai secara berlebihan.
Jika perlu, mintalah alternator dan baterai diperiksa di toko onderdil mobil lokal Anda.
6. Mesin Sulit Dihidupkan
Sama seperti saat mesin Anda berputar perlahan, baterai Anda mungkin tidak mengirimkan arus listrik tinggi yang dibutuhkan ke motor starter, membuat mesin sulit untuk dihidupkan.
Diagnostik yang disarankan:
Periksa terminal baterai. Pastikan mereka bersih dan kencang, dan kabel dalam kondisi baik.
Periksa tegangan baterai dengan uji tegangan terbuka seperti yang dijelaskan pada bagian A di atas.
Isi daya baterai secara perlahan, jika perlu, atau uji baterai di toko suku cadang mobil setempat.
Posting lain ini dapat membantu Anda mendiagnosis kendaraan yang sulit dihidupkan .
Juga, periksa Sumberdaya di bagian bawah posting ini. Di sini, Anda akan menemukan tes untuk memeriksa alternator dan sirkuit.
Dalam video berikut, Anda dapat mendengar seperti apa bunyinya saat Anda mencoba menghidupkan kendaraan dengan baterai yang kosong.
Suara Baterai Mati
7. Anda Harus Menyalakan Mobil Setiap Hari
Kemungkinan besar, aki mobil Anda tidak dapat lagi mengisi daya. Periksa baterai di toko onderdil mobil lokal Anda.
Diagnostik yang disarankan:
Namun, jika baterai dalam kondisi baik, periksa terminal baterai dan kabel dari kerusakan.
Pastikan Anda tidak memiliki undian parasit yang menguras baterai Anda.
Dan periksa sistem dan sirkuit pengisian daya. Buka kotak Sumberdaya di bagian bawah posting ini.
8. Terminal Baterai Terkorosi
Bila Anda perlu sering menghilangkan korosi pada terminal baterai, ini bisa menjadi indikasi baterai sulfat, atau baterai diisi daya secara berlebihan.
Korosi di sekitar terminal baterai dapat menyebabkan kondisi hard-start, kondisi baterai kurang terisi, dan, akhirnya, baterai rusak.
Diagnostik yang disarankan:
Periksa baterai di toko onderdil mobil lokal Anda.
Periksa alternator dan sirkuit (voltage drop), jika perlu.
Bagian Sumberdaya di bagian bawah akan membantu Anda mendiagnosis masalah.
9. Casing Baterai Bengkak
Wadah baterai yang membengkak atau menggembung dapat menjadi indikasi penumpukan gas hidrogen (pelat baterai tersulfat) di dalam wadah baterai atau baterai yang membeku.
Alternator yang mengisi baterai secara berlebihan dapat membuat elektrolit menjadi terlalu panas, mengubahnya menjadi gas dan menyebabkan casing mengembang; namun, baterai juga dapat mengalami sulfat menjelang akhir masa pakainya.
Either way, baterai kemungkinan besar rusak.
Diagnostik yang disarankan:
Jika baterai tidak beku, pastikan untuk memeriksa sistem pengisian untuk pengoperasian yang benar. Alternator yang rusak dapat merusak baterai baru.
Periksa bagian Sumberdaya di bagian bawah posting ini untuk bantuan dalam memeriksa alternator Anda, jika perlu.
10. Tidak Ada Yang Terjadi Saat Anda Memutar Kunci Kontak
Jika mesin Anda tidak hidup dan Anda tidak mendengar apa-apa, bahkan bunyi klik, saat memutar kunci kontak, baterai Anda telah kehilangan dayanya, tidak tersambung dengan benar, atau telah mencapai akhir masa pakainya.
Baterai mobil bertahan antara 4 dan 6 tahun. Jika Anda tahu baterai Anda masih harus beroperasi dengan benar, ikuti rekomendasi berikutnya.
Diagnostik yang disarankan:
- Pastikan terminal baterai bersih, kencang, dan tidak rusak.
- Lakukan tes tegangan terbuka baterai - buka bagian A.
- Uji baterai di toko onderdil mobil lokal Anda.
- Periksa undian parasit.
- Periksa penurunan tegangan ground mesin.
- Periksa penurunan tegangan sirkuit pengisian
- Periksa alternator.
Posting yang tercantum dalam kotak Sumber daya akan membantu Anda mendiagnosis masalah, jika perlu.
B. Bagaimana Menjaga Baterai Anda Dalam Kondisi Terbaik
Sejumlah kesalahan yang dapat menghasilkan gejala baterai buruk.
Bagian sebelumnya menjelaskan gejala yang paling umum dan menyarankan beberapa tugas diagnostik untuk membantu Anda menemukan sumber masalahnya.
Saat berurusan dengan aki mobil, beri perhatian khusus saat baterai kehilangan daya tanpa alasan yang jelas. Pastikan untuk mencari tahu alasannya.
Mungkin ada beberapa alasan untuk ini:
- Baterai rusak atau tua.
- Hasil imbang parasit.
- Kesalahan dalam sistem pengisian.
- Aksesori baru yang membebani sistem pengisian daya.
Mengisi atau mengganti baterai tanpa mengetahui sumber masalahnya dapat membuat Anda terdampar lagi dan, mungkin, merusak baterai yang sangat bagus. Ini bisa terjadi dengan sistem pengisian yang salah.
Jika Anda sering perlu mengisi ulang baterai atau mencurigai pelat bersulfat, cobalah mengisi daya baterai secara perlahan. Hal ini dapat membantu memulihkan kondisi baterai.
Dalam hal perawatan, yang ideal adalah memperhatikan dan merawat dengan baik setiap sistem di kendaraan Anda. Namun, seringkali hal ini sulit atau hampir tidak mungkin dilakukan, terutama jika Anda tidak punya waktu atau uang.
Namun, hal-hal sederhana seperti melihat di bawah kap sesekali untuk memeriksa kabel, terminal baterai, ikat pinggang, dan selang; melakukan sedikit perawatan mobil sendiri sesuai dengan jadwal servis manual Anda—khususnya penggantian oli dan antibeku—bisa sangat membantu menjaga baterai Anda, dan sistem lainnya, bekerja dengan baik lebih lama.