Tips Merawat Mobil Bekas Supaya Tidak Cepat Rusak

 

cara merawat mobil bekas

Ada banyak manfaat merawat mobil lama Anda. Memperlakukannya dengan baik dengan perawatan yang tepat akan menghasilkan kepemilikan jangka panjang yang bermanfaat, menghemat biaya untuk membeli kendaraan baru lebih cepat dari yang diperlukan.

Saya akan memberi tahu Anda bagaimana saya menjaga mobil saya yang berusia 20 tahun tetap berjalan seperti baru dan bagaimana mobil itu cukup baik untuk bertahan 100.000 mil lagi.

Ikuti Rekomendasi Perawatan Sesuai Buku Panduan

Panduan pengguna mobil Anda mencakup jadwal pemeliharaan hal-hal tertentu. Ikuti rekomendasi pabrikan. Itu membantu memperpanjang penggunaan kendaraan Anda.

Berikut adalah daftar item perawatan yang mungkin:

  • Ganti oli dan filter oli secara rutin.
  • Jaga agar semua cairan terisi dengan tepat. Itu mungkin termasuk dengan penggantian oli.
  • Ganti busi.
  • Ganti pendingin.
  • Periksa minyak rem.
  • Putar ban seperti yang direkomendasikan oleh pabrikan ban.
  • Periksa tekanan ban semua ban sebulan sekali dan sebelum perjalanan jauh.
  • Jangan lupa ban serep; periksa juga tekanannya.
  • Pemeliharaan lainnya sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan saja.

Saya memiliki lebih dari 100.000 km di mobil saya. Di bagian berikutnya, saya akan menjelaskan apa yang baru-baru ini saya lakukan untuk memastikan bahwa saya akan mendapatkan 100.000 km lagi darinya.

Ganti Timing-Belt Mesin Setelah 100.000 Km

Timing belt atau rantai yang menghubungkan poros engkol ke poros penggerak. mengontrol ini saat katup dalam mesin pembakaran internal.

Ada dua jenis mesin:

  1. Mesin Interferensi:

    Saya memiliki mobil dengan mesin interferensi. Jika timing belt saya putus saat mengemudi, mesin akan rusak dan perlu diganti. Itu mahal!

  2. Non-Interference Engine:

    Kendaraan yang tidak memiliki mesin interferensi tidak akan mengalami banyak kerusakan saat timing belt putus. Itu hanya akan berhenti berjalan. Mobil masih perlu diderek, tetapi perbaikannya hanya memerlukan penggantian sabuk, bukan mesin yang sama sekali baru.

Lihat buku manual pemilik kendaraan untuk melihat jenis mesin yang Anda miliki. Jika Anda mengalami gangguan mesin dan telah mencapai 100.000 KM, Anda harus mengganti timing belt sebelum rusak. Jika Anda tidak memiliki mesin interferensi, Anda tetap harus merencanakan untuk mengganti sabuk.

Setidaknya Anda dapat merasa aman bahwa Anda tidak akan mengalami masalah dengan mesin Anda mati secara tiba-tiba karena timing belt putus dan perlu ditarik pada waktu yang tidak tepat.

Saya memutuskan sudah waktunya untuk menyelesaikannya, dan saya membawa mobil saya ke toko mobil lokal saya untuk menghindari risiko meledakkan mesin saya.

Bagaimana Menghemat Tenaga Kerja

Anda dapat menghemat pengeluaran masa depan untuk tenaga kerja dengan melakukan beberapa hal pada saat yang sama saat mengganti timing belt. Saya meminta mekanik untuk melakukan semua hal berikut dalam satu sesi:

  • Ganti semua ikat pinggang
  • Ganti pompa air
  • Siram sistem pendingin

Itu akan menghemat uang dalam jangka panjang. Karena mekanik harus melepas semua sabuk untuk mendapatkan sabuk waktu, tidak ada biaya tenaga kerja tambahan untuk memasang sabuk baru. Salah satunya mungkin hampir siap untuk istirahat suatu hari nanti, dan mereka tidak mahal jika dilakukan bersama dengan sisa pekerjaan.

Jika saya membutuhkan sabuk yang menggerakkan kompresor AC nanti, maka saya akan membayar tenaga kerja yang mahal lagi. Oleh karena itu, saya mungkin juga memiliki semua sabuk baru sekarang.

Logika yang sama berlaku untuk pompa air. Akan mahal untuk mengganti pompa air jika pompa itu rusak. Namun, meskipun sabuk sedang diganti, biaya tenaga kerja sudah termasuk.

Akhirnya, masuk akal jika sistem pendingin disiram karena mereka harus mengalirkannya untuk mengganti pompa. Tidak ada biaya tambahan untuk melakukannya bersama dengan penggantian pompa air.

Hal yang Dapat Anda Lakukan Sendiri

  • Ganti wiper jika sudah aus.
  • Vakum interior dan bersihkan kulit dan vinil dengan pembersih yang tepat.
  • Pertahankan inflasi ban yang tepat (simpan pengukur pegangan di kotak sarung tangan Anda).
  • Jangan lupa untuk mengecek tekanan angin pada ban serep (donat).
  • Periksa semua lampu (dalam dan luar) untuk memastikan tidak ada yang padam.

Gunakan Tangki Penuh Gas Oktan Tinggi Sekali Setahun

Setahun sekali, isi tangki penuh dengan gas beroktan tinggi. Itu akan membersihkan kotoran dari piston dan catalytic converter. Ini adalah dua hal yang paling mahal untuk diperbaiki dan diganti. Menjaga mereka bebas dari penumpukan membantu menjaga mobil berjalan bersih dan lebih efisien.

Mengapa ini berhasil? Lagi pula, oktan tinggi tidak membakar lebih panas. Ini bekerja karena jenis bensin dengan oktan yang lebih tinggi biasanya memiliki lebih banyak aditif dan deterjen yang lebih baik yang dapat membantu membersihkan penumpukan.

Saya punya bukti pribadi. Lampu check engine saya menyala tujuh tahun lalu. Mekanik saya mengatakan itu adalah catalytic converter saya dan biayanya $650 untuk menggantinya. Hari ini biaya itu bisa menjadi $1.000.

Saya mengambil pemindai diagnostik murah untuk membaca kode masalah mesin cek di komputer mobil. Saya melihat bahwa dia mengatakan yang sebenarnya. Namun, alih-alih menggantinya, saya mengisi tangki dengan bensin beroktan tinggi.

Lampu check engine tidak pernah menyala kembali, dan sudah tujuh tahun sejak itu tanpa masalah. Tentu saja, catalytic converter memang bisa rusak. Jika ya, Anda perlu yang baru.

Jika masalahnya adalah catalytic converter yang kotor, metode ini telah berhasil untuk banyak orang yang saya kenal. Mengemudi dengan satu tangki bensin beroktan tinggi telah membantu saya dan beberapa teman saya menghindari keharusan mengganti catalytic converter.

Ganti Filter Udara Kabin agar Lebih Nyaman

Tidak banyak yang tahu bahwa kabin penumpang banyak mobil memiliki filter udara. Itu menjadi kotor setelah beberapa tahun dan harus diganti.

Anda dapat menemukan filter udara kabin pengganti yang bahkan lebih baik daripada filter standar yang dipasang di mobil baru. Beberapa produsen mobil menyediakan filter kertas sebagai standar, tetapi saya menyarankan untuk menggunakan filter karbon saat Anda menggantinya. Saya membeli milik saya yang dibuat oleh FRAM.

Mengganti filter kabin sedikit membosankan, tetapi ini adalah pekerjaan yang dapat Anda lakukan sendiri. Pada beberapa mobil, ada banyak sekrup dan kancing yang harus dilepas untuk mencapai filter.

Saya melakukan pencarian Google untuk menemukan video YouTube yang menunjukkan cara mengubah filter kabin di mobil saya. Anda dapat menemukan video "lakukan sendiri" untuk hampir semua jenis kendaraan. Cukup lakukan pencarian Google untuk "Filter udara kabin ganti YouTube" dan sertakan merek mobil Anda.

Ambil filter pengganti yang tepat untuk mobil Anda di toko onderdil mobil lokal mana pun. Anda juga dapat menemukan yang tepat untuk kendaraan Anda di Amazon. Kemudian ikuti instruksi video YouTube yang Anda temukan dengan pencarian Anda.

Pengalaman Pribadi Saya Mengubah Filter Kabin

Butuh waktu satu jam. Saya harus kembali dan melihat video untuk kedua kalinya saat saya melakukannya.

Selain sekrup, mobil saya memiliki banyak kancing yang menahan dasbor pada tempatnya, tetapi setiap kendaraan berbeda. Saya harus menarik keras setelah melepas sekrup untuk melepaskan dasbor dari kancingnya.

Ketika saya memasangnya kembali, saya lupa mengganti penjepit yang melintang di bawah dasbor. Saya harus membuka semuanya lagi untuk memasang kembali penyangga. Oleh karena itu, saya sarankan Anda memperhatikan video yang berhubungan dengan mobil Anda. Tonton beberapa kali sebelum Anda mulai.

Dalam kasus saya, filternya tidak terlalu kotor. Saya rasa itu karena saya selalu mengaturnya untuk "mendaur ulang" udara kabin saya. Saya lebih suka melakukan itu daripada menghirup udara dari luar, yang menyedot asap dari kendaraan lain.

Setelah saya mengganti filter kabin, saya menemukan bahwa saya dapat membiarkan daur ulang udara internal mati karena mendapatkan udara segar dari luar lebih baik sekarang dengan filter baru. Saya tidak lagi mencium bau asap jalanan karena filter baru yang saya pasang adalah filter karbon, pasti jauh lebih baik daripada filter kertas lama yang disertakan dengan mobil.

Omong-omong, saya harus mengganti dua filter. Beberapa mobil hanya memiliki satu, jadi periksalah buku petunjuk mobil Anda sebelum membeli yang baru.

Saya perhatikan tidak ada yang mencegah Anda meletakkan filter di belakang, jadi saya memperhatikan panah yang menunjukkan arah aliran udara. Jangan membuat kesalahan itu.

Perbaiki Goresan Sebelum Berkarat untuk Kecantikan yang Tahan Lama

Goresan tubuh cenderung muncul hampir secara ajaib. Orang-orang memoles mobil Anda di tempat parkir. Orang-orang membuka pintu di sebelah Anda dan menabrak kendaraan Anda.

Bahkan cuaca memiliki banyak hubungannya dengan itu. Hujan es, kerikil jalan, sebut saja. Ada elemen kasar di udara yang membuat noda pada permukaan mobil Anda.

Saya menemukan bahwa seiring waktu, noda dan goresan ini tumbuh lebih menonjol dan bahkan berkarat. Sangat penting untuk menghentikan hal ini terjadi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan cat kuku, tetapi ini akan terlihat jika dilihat dari sudut tertentu.

Saya menemukan bahwa Quixx membuat kit penghilang goresan yang bagus yang mencakup tingkat amplas yang tepat dan cat yang tepat untuk merek dan model mobil Anda. Ini bekerja dengan baik dan membuat bagian luar tampak bersih dan segar. Anda dapat menemukannya di toko suku cadang kendaraan lokal Anda atau di Amazon.

Perawatan Mobil yang Tepat Menghargai

Hanya sedikit orang yang menyadari bahwa start yang cepat dan pengereman yang keras memberikan tekanan yang luar biasa pada mobil, terutama suspensi dan drivetrain. Bersantai dengan gas dan rem akan menambah kepuasan bertahun-tahun dengan kinerja mobil Anda.

Alih-alih membeli mobil baru, Anda dapat merawat kendaraan lama Anda dengan benar dan membuatnya bertahan selama bertahun-tahun. Simpan uangnya di bank atau buat investasi yang berarti yang akan tumbuh saat Anda menikmati lebih banyak tahun nilai dari mobil Anda saat ini.

Daripada pusing milkirin perawatan mobil bekas mending beli mobil Kia Sonet aja , harganya juga murah spek juga bukan kaleng-kaleng bisa di adu loh. Kalo pengin cek harganya kalian biasa aja kunjungi dealer KIA Cirebon aja. (tapi itu buat kalian yang berdomisili di cirebon ya) jika di luar cirebon anda bisa cek aja dealer nya kepin hargnya di Dealer KIA Indonesia

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama